Cara Cek IMEI Terdaftar Kemenperin (8 Metode) Mudah

Cara Cek IMEI Terdaftar Kemenperin – PIRANTOS | Penggunaan perangkat telekomunikasi semakin meluas dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, semakin berkembangnya teknologi juga membawa dampak negatif, seperti peningkatan peredaran perangkat ilegal atau tidak terdaftar.

Untuk melawan hal tersebut, pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin), telah memperkenalkan layanan pendaftaran dan pengecekan IMEI terdaftar. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara detail tentang cara cek IMEI terdaftar melalui Kemenperin.

Apa itu IMEI?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu IMEI. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah serangkaian angka unik yang diberikan kepada setiap perangkat telekomunikasi, seperti ponsel, tablet, atau modem. Setiap perangkat memiliki nomor IMEI yang berbeda, sehingga memungkinkan identifikasi perangkat secara individual.

Nomor IMEI berfungsi sebagai tanda pengenal yang membedakan perangkat legal dan terdaftar dengan perangkat ilegal atau tidak terdaftar. Dengan memeriksa nomor IMEI, pengguna dapat memastikan keaslian dan keabsahan perangkat yang mereka gunakan.

Peran Kemenperin dalam Pendaftaran IMEI Terdaftar

Kemenperin memiliki peran penting dalam mengawasi peredaran perangkat telekomunikasi di Indonesia. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap perangkat telekomunikasi yang beredar di pasar Indonesia telah didaftarkan dan terdaftar secara resmi. Dengan mendaftarkan perangkat, Kemenperin dapat mengendalikan peredaran perangkat ilegal yang dapat berdampak negatif terhadap masyarakat.

Pendaftaran IMEI pada Kemenperin melibatkan produsen atau importir perangkat telekomunikasi yang ingin memasarkan perangkat mereka di Indonesia. Setiap perangkat yang didaftarkan akan mendapatkan nomor IMEI terdaftar yang akan digunakan untuk verifikasi keaslian perangkat oleh pengguna.

Cara Cek IMEI Terdaftar Kemenperin

Cara Cek IMEI Terdaftar Kemenperin
Cek IMEI Terdaftar Kemenperin

Saat ini, Kemenperin menyediakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk memeriksa keaslian perangkat telekomunikasi dengan cek IMEI terdaftar. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan:

Melalui Situs Web Resmi Kemenperin

Salah satu cara yang paling mudah dan terpercaya untuk memeriksa IMEI terdaftar adalah melalui situs web resmi Kemenperin. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda melakukan pemeriksaan IMEI terdaftar melalui situs web Kemenperin:

  • Buka browser web di perangkat Anda dan kunjungi situs web resmi Kemenperin.
  • Anda akan diarahkan ke halaman pengecekan IMEI. Di sini, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor IMEI perangkat Anda. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 digit angka. Pastikan Anda memasukkan nomor dengan benar untuk hasil yang akurat.
  • Setelah memasukkan nomor IMEI, klik tombol “Cek” atau “Periksa” untuk memulai proses pengecekan.
  • Sistem akan melakukan verifikasi nomor IMEI yang Anda berikan dengan database pendaftaran IMEI yang dimiliki oleh Kemenperin. Ini memastikan bahwa perangkat Anda terdaftar secara legal dan sah.
  • Setelah proses verifikasi selesai, hasil pengecekan akan ditampilkan di layar. Anda akan diberitahu apakah nomor IMEI perangkat Anda terdaftar atau tidak.

Melalui Situs Web Beacukai

Metode lainnya untuk memeriksa keaslian IMEI perangkat Anda adalah melalui situs web resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) di Indonesia. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan IMEI terdaftar melalui situs web Beacukai:

  • Buka situs web resmi DJBC di https://www.beacukai.go.id/.
  • Selanjutnya, masukkan nomor IMEI perangkat telekomunikasi Anda pada kolom “IMEI”
  • Isikan key code atau captcha yang muncul
  • Klik tombol SEND
  • Setelah itu, sistem akan menampilkan hasil pencarian berupa informasi IMEI perangkat Anda, termasuk merek, tipe, dan status keaslian IMEI perangkat tersebut.
  • Jika nomor IMEI perangkat Anda terdaftar di sistem, maka akan muncul keterangan bahwa perangkat tersebut “Dapat Diperdagangkan”. Namun, jika nomor IMEI perangkat Anda tidak terdaftar di sistem, maka akan muncul keterangan “Tidak Dapat Diperdagangkan”.
See also  5 Cara Cek Sisa Kuota Indihome dengan Benar

Penting untuk diingat bahwa hasil pengecekan di situs web Beacukai hanya menunjukkan status keaslian IMEI perangkat Anda di Indonesia dan tidak menjamin keaslian IMEI di negara lain. Jadi, jika Anda membeli perangkat dari luar negeri, pastikan untuk memeriksa keaslian IMEI perangkat tersebut melalui sumber informasi yang terpercaya di negara tersebut.

Menghubungi Layanan Pelanggan Kemenperin

Selain melalui situs web resmi, Anda juga dapat menghubungi layanan pelanggan Kemenperin untuk memeriksa keaslian perangkat Anda. Mereka akan membantu Anda dalam memverifikasi nomor IMEI dan memberikan informasi mengenai status pendaftaran perangkat Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Dapatkan nomor kontak layanan pelanggan Kemenperin. Informasi ini biasanya tersedia di situs web mereka atau dapat Anda temukan melalui pencarian online.
  • Hubungi nomor layanan pelanggan yang tertera dan ikuti petunjuk untuk berbicara dengan seorang perwakilan.
  • Sediakan nomor IMEI perangkat Anda kepada perwakilan layanan pelanggan. Mereka akan memverifikasi nomor tersebut dan memberikan informasi mengenai status pendaftaran IMEI perangkat Anda.

Menggunakan Aplikasi Pengecekan IMEI

Selain melalui situs web Kemenperin, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi resmi. Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu pengguna memeriksa keaslian IMEI perangkat mereka dengan cepat dan mudah. Pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna sebelum mengunduhnya.

Rekomendasi Aplikasi Cek IMEI : Mobile Beacukai, Cek IMEI, dan IMEI Kemenperin RI.

Dalam melakukan pengecekan melalui aplikasi, Anda perlu menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda. Kemudian, jalankan aplikasi dan masukkan nomor IMEI perangkat Anda. Aplikasi akan melakukan pengecekan terhadap database pendaftaran IMEI yang valid untuk memberikan informasi apakah perangkat Anda terdaftar atau tidak.

Cek Lewat Kode USSD

Anda juga dapat memeriksa keaslian IMEI perangkat Anda melalui kode USSD (Unstructured Supplementary Service Data). Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan IMEI terdaftar melalui kode USSD:

  • Buka aplikasi Telepon pada perangkat Anda.
  • Pada layar panggilan, ketik *#06# menggunakan keypad ponsel Anda.
  • Setelah Anda mengetik kode tersebut, tekan tombol Panggil atau Call. Ponsel Anda akan secara otomatis menampilkan nomor IMEI perangkat.
  • Catat nomor IMEI yang muncul di layar perangkat Anda.
  • Selanjutnya, buka browser web di perangkat Anda dan kunjungi situs web resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyediakan layanan pendaftaran IMEI.
  • Cari opsi atau bagian yang menyediakan pengecekan IMEI terdaftar. Hal ini bisa berupa tombol “Cek IMEI” atau “Pengecekan IMEI”.
  • Klik tombol tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman pengecekan IMEI.
  • Pada halaman tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor IMEI perangkat yang Anda dapatkan melalui kode USSD.
  • Masukkan nomor IMEI dengan benar ke dalam kotak yang disediakan, kemudian klik tombol “Cek” atau “Periksa” untuk memulai proses pengecekan.
  • Setelah proses verifikasi selesai, hasil pengecekan akan ditampilkan di layar. Anda akan diberitahu apakah nomor IMEI perangkat Anda terdaftar atau tidak.
See also  Cara Mengubah 3G Menjadi 4G Android

Pastikan Anda melakukan pengecekan IMEI melalui situs web resmi Kemenperin atau lembaga yang berwenang untuk memastikan keabsahan dan keamanannya.

Cek di Kardus Hp

Pada kardus, biasanya terdapat informasi penting termasuk nomor IMEI yang tertera. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan IMEI terdaftar melalui kardus HP:

  • Ambil kardus asli perangkat HP Anda.
  • Periksa bagian belakang kardus. Biasanya, terdapat label dengan informasi spesifikasi perangkat dan nomor IMEI.
  • Cari nomor IMEI yang tercetak atau dicetak pada label kardus. Biasanya, nomor IMEI terdiri dari 15 digit.
  • Catat nomor IMEI dengan benar.
  • Setelah Anda mencatat nomor IMEI, buka browser web di perangkat Anda dan kunjungi situs web resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyediakan layanan pendaftaran IMEI.
  • Cari opsi atau bagian yang menyediakan pengecekan IMEI terdaftar. Hal ini bisa berupa tombol “Cek IMEI” atau “Pengecekan IMEI”.
  • Klik tombol tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman pengecekan IMEI.
  • Pada halaman tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor IMEI perangkat yang Anda dapatkan dari kardus HP.
  • Masukkan nomor IMEI dengan benar ke dalam kotak yang disediakan, kemudian klik tombol “Cek” atau “Periksa” untuk memulai proses pengecekan.
  • Setelah proses verifikasi selesai, hasil pengecekan akan ditampilkan di layar. Anda akan diberitahu apakah nomor IMEI perangkat Anda terdaftar atau tidak.

Pastikan Anda melakukan pengecekan IMEI melalui situs web resmi Kemenperin atau lembaga yang berwenang untuk memastikan keabsahan dan keamanannya.

Cek di Pengaturan Ponsel

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan IMEI terdaftar melalui pengaturan ponsel:

  • Buka “Pengaturan” pada ponsel Anda. Biasanya, ikon pengaturan terlihat seperti roda gigi atau ikon yang serupa.
  • Di dalam pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi “Tentang Telepon” atau “Informasi Perangkat”. Pilih opsi tersebut.
  • Di dalam opsi “Tentang Telepon” atau “Informasi Perangkat”, Anda akan menemukan informasi detail tentang perangkat Anda, termasuk nomor IMEI.
  • Cari bagian yang mengacu pada nomor IMEI. Pada beberapa ponsel, nomor IMEI mungkin terdaftar sebagai “IMEI” atau “Nomor IMEI”. Pada ponsel lainnya, Anda mungkin perlu membuka opsi “Status” atau “Informasi Telepon” untuk menemukan nomor IMEI.
  • Catat nomor IMEI yang ditampilkan di layar. Pastikan untuk mencatat dengan benar, karena nomor IMEI terdiri dari 15 digit.
  • Setelah Anda mencatat nomor IMEI, buka browser web di perangkat Anda dan kunjungi situs web resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyediakan layanan pendaftaran IMEI.
  • Cari opsi atau bagian yang menyediakan pengecekan IMEI terdaftar. Hal ini bisa berupa tombol “Cek IMEI” atau “Pengecekan IMEI”.
  • Klik tombol tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman pengecekan IMEI.
  • Pada halaman tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor IMEI perangkat yang Anda dapatkan melalui pengaturan ponsel.
  • Masukkan nomor IMEI dengan benar ke dalam kotak yang disediakan, kemudian klik tombol “Cek” atau “Periksa” untuk memulai proses pengecekan.
  • Setelah proses verifikasi selesai, hasil pengecekan akan ditampilkan di layar. Anda akan diberitahu apakah nomor IMEI perangkat Anda terdaftar atau tidak.

Pastikan Anda melakukan pengecekan IMEI melalui situs web resmi Kemenperin atau lembaga yang berwenang untuk memastikan keabsahan dan keamanannya.

Cek di Slot Kartu SIM

Cara lain untuk memeriksa apakah nomor IMEI perangkat Anda terdaftar atau tidak adalah dengan melalui slot kartu SIM. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa nomor IMEI di slot kartu SIM:

  • Matikan ponsel Anda dan buka slot kartu SIM.
  • Ambil kartu SIM Anda dan lihat pada bagian belakang kartu. Biasanya, nomor IMEI akan tercetak di sana.
  • Jika nomor IMEI tidak tercetak di bagian belakang kartu SIM, masukkan kembali kartu SIM ke dalam slot dan hidupkan ponsel.
  • Setelah ponsel hidup, buka aplikasi telepon.
  • Pada aplikasi telepon, ketik kode *#06# pada keyboard ponsel Anda dan tekan tombol panggil.
  • Nomor IMEI perangkat Anda akan muncul di layar.
  • Catat nomor IMEI dengan benar, karena nomor ini terdiri dari 15 digit.
  • Setelah Anda mencatat nomor IMEI, kunjungi situs web resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyediakan layanan pendaftaran IMEI.
  • Cari opsi atau bagian yang menyediakan pengecekan IMEI terdaftar. Hal ini bisa berupa tombol “Cek IMEI” atau “Pengecekan IMEI”.
  • Klik tombol tersebut dan Anda akan diarahkan ke halaman pengecekan IMEI.
  • Pada halaman tersebut, masukkan nomor IMEI perangkat Anda ke dalam kotak yang disediakan, kemudian klik tombol “Cek” atau “Periksa” untuk memulai proses pengecekan.
  • Setelah proses verifikasi selesai, hasil pengecekan akan ditampilkan di layar. Anda akan diberitahu apakah nomor IMEI perangkat Anda terdaftar atau tidak.
See also  2 Cara Aktifkan NFC di HP Oppo Semua Tipe dengan Mudah

Jika nomor IMEI perangkat Anda tidak tercetak di bagian belakang kartu SIM atau tidak muncul setelah mengetik kode USSD *#06#, Anda bisa mencoba langkah-langkah sebelumnya untuk memeriksa nomor IMEI melalui pengaturan ponsel atau kardus perangkat. Pastikan Anda melakukan pengecekan IMEI melalui situs web resmi Kemenperin atau lembaga yang berwenang untuk memastikan keabsahan dan keamanannya.

Keuntungan Mengecek IMEI Terdaftar Kemenperin

Mengecek IMEI terdaftar melalui Kemenperin memiliki beberapa keuntungan penting:

  1. Keamanan: Memeriksa IMEI terdaftar membantu memastikan bahwa perangkat telekomunikasi yang Anda gunakan adalah asli dan sah. Anda dapat menghindari perangkat ilegal atau tidak terdaftar yang mungkin memiliki masalah keamanan atau kualitas.
  2. Kepastian Garansi: Dengan memeriksa IMEI terdaftar, Anda dapat memastikan bahwa perangkat telah terdaftar secara resmi dan memenuhi syarat garansi. Jika Anda mengalami masalah dengan perangkat tersebut, Anda dapat mengajukan klaim garansi kepada produsen atau penyedia layanan dengan keyakinan bahwa perangkat Anda terdaftar dengan benar.
  3. Perlindungan Konsumen: Mengecek IMEI terdaftar melalui Kemenperin memberikan perlindungan tambahan bagi konsumen. Dengan memastikan perangkat Anda terdaftar, Anda dapat menghindari penipuan atau pembelian perangkat ilegal yang mungkin melanggar hukum atau tidak memiliki dukungan purna jual yang memadai.
  4. Dukungan dan Layanan: Perangkat yang terdaftar memiliki akses ke dukungan dan layanan resmi dari produsen atau penyedia layanan. Jika Anda membutuhkan bantuan teknis, perbaikan, atau pembaruan perangkat lunak, memiliki perangkat terdaftar akan memudahkan Anda untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan.
  5. Kepatuhan Hukum: Mengecek IMEI terdaftar melalui Kemenperin adalah langkah yang mematuhi regulasi dan hukum yang berlaku di Indonesia. Dengan menggunakan perangkat terdaftar, Anda membantu memerangi peredaran perangkat ilegal yang dapat merugikan industri telekomunikasi dan mengancam keamanan serta privasi pengguna.
Kesimpulan

Mengecek IMEI terdaftar melalui Kemenperin merupakan langkah penting dalam memastikan keaslian dan keabsahan perangkat telekomunikasi yang Anda gunakan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan melalui situs web resmi Kemenperin, Anda dapat dengan mudah memverifikasi status pendaftaran IMEI perangkat Anda.

Periksa IMEI perangkat Anda melalui Kemenperin memberikan keuntungan berupa keamanan, kepastian garansi, perlindungan konsumen, akses ke dukungan dan layanan resmi, serta kepatuhan hukum. Dengan mengetahui status pendaftaran IMEI perangkat Anda, Anda dapat menghindari perangkat ilegal dan memastikan pengalaman penggunaan yang aman dan terjamin.

Ingatlah selalu untuk membeli perangkat telekomunikasi hanya dari pengecer resmi dan terpercaya serta memeriksa keaslian IMEI sebelumnya. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa Anda menggunakan perangkat yang terdaftar dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kemenperin.